Rabu, 26 Oktober 2011

Kebiasan Membuat STRESS di Kantor

Menurut Anda, bekerja di kantor yang sekarang itu menyenangkan atau bikin stress? Jika jawabannya yang kedua, sudah saatnya Anda mengubah pola kebiasaan yang kurang baik di kantor.
Tugas datang silih berganti, bos hobi ceramah, hingga teman sekerja yang tak bisa diajak bekerja sama memang bisa memicu stress di kantor. Selain itu, pola pegawai kantor yang sering berdiam diri di balik kubikel dan makan siang seenaknya pun bisa memicu berbagai penyakit. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya Anda mengubah beberapa kebiasaan di kantor.

Makanan. Kesibukan di kantor memang membuat banyak energi terkuras. Ketika jarum jam menuju ke pukul 12 siang, Anda pun akan kalap melahan semua makanan. Sehat dan bergizi tak masalah yang penting kenyang. Barangkali itulah yang ada di benak pegawai kantor. Apalagi, pilihan makanan yang tersedia di sekitar kantor cenderung siap saji, mulai dari ayam goreng, bebek bakar, hingga makanan bersantan.
Makanan-makanan tersebut memang tak dilarang, tetapi ada baiknya Anda mengkombinasikan makanan tersebut. Misalnya, dalam seminggu usahakan memilih menu makanan yang berserat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan tentu minum air putih. Menu pilihan makanan seperti ini bisa dengan mudah ditemui di warung makan seperti warteg.
Bergerak. Pola sekat-sekat kubikel memang membuat para pegawai lebih fokus dan nyaman dalam bekerja. Namun, di sisi lain, kenyamanan ini membuat banyak pegawai malas beranjak dari kursinya. Apalagi dengan tersedianya fasilitas telepon kantor. Mau bicara dengan teman tinggal telepon.
Jika Anda termasuk pegawai tipe seperti ini, siap-siap mengalami gangguan pegal pada pinggang dan punggung. Jelas saja, coba Anda hitung selama sehari berapa jam waktu Anda duduk di kursi kantor? Ada baiknya Anda menyempatkan diri beranjak dari kursi untuk sekedar jalan-jalan ke toilet atau menyambangi rekan yang sedang santai.
Tidur. Bagi pegawai kantor yang biasa lembur, waktu tidur pasti akan berkurang. Bagi mereka, rumah ibarat hotel. Berangkat pagi dan pulang malam hanya untuk tidur. Masalahnya, jam masuk kerja yang terlalu pagi membuat banyak pegawai mengalami kekurangan tidur. Hasilnya, kombinasi lelah dan udara AC yang sepoi-sepoi berhasil membuat mereka terkantuk-kantuk di kantor.
Sebagai salah satu solusi, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat makan siang sekitar 15-30 menit untuk mengistirahatkan pikiran dan fisik. Beruntung jika kantor Anda memiliki semacam ruang santai. Jika tidak, Anda bisa menuju ruang ibadah untuk menjernihkan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencarian